Kamis, 06 September 2012

Cara melakukan analisa SWOT

Banyak cara untuk melakukan penilaian terhadap kualitas usaha calon konsumen/nasabah yang kita miliki, salah satunya adalah dengan melakukan  analisa SWOT. Ini dikarenakan keberhasilan suatu usaha sangat dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu faktor positif dan faktor negatif, dan kedua faktor tersebut tergambar dengan jelas pada saat kita melakukan analisis SWOT terhadap debitur.


Analisis ini membagi 4 aspek penting yang mempengaruhi suatu usaha, yaitu :

STRENGTHS (Kekuatan), keunggulan-keunggulan internal yang dimiliki debitur dan tidak dimiliki oleh para pesaingnya, sehingga debitur memiliki daya saing lebih baik. Misalnya kulaitas tenaga kerja, kondisi keuangan, memiliki customer base yang luas, jaminan mutu yang baik, struktur permodalan, dan lain-lain

WEAKNESSES (Kelemahan), kelemahan-kelemahan internal yang dimiliki oleh debitur yang mungkin tidak dialami oleh para pesaingnya, sehingga daya saing debitur berkurang. Misalnya tidak memiliki strategi bisnis, banyaknya retur penjualan, kesejahteraan karyawan tidak di perhatikan dan lain-lain.

OPPORTUNITIES (Kesempatan) , faktor eksternal yang menunjukkan kesempatan-kesempatan bagi debitur untuk mengembangkan usahanya, faktor ini bersifat umum sehingga para pesaingnya debitur juga memiliki kesempatan yang sama. Misalnya peningkatan pendapatan masyarakat, kemudahan pinjaman bank dengan bunga rendah, dukungan pemerintah terhadap industri tertentu, dan lain-lain.

THREATS (Ancaman), faktor eksternal yang menunjukkan ancaman-ancaman bagi usaha debitur baik akibat adanya persaingan maupun peraturan pemerintah atau faktor-faktor lainnya yang dapat menghambat atau menurunkan aktivitas usaha debitur dalam menjalankan usahanya. Misalnya tingginya persaingan dalam industri, pembatasan industri dari pemerintah, larangan untuk mengimpor bahan baku, dan lain-lain.

Keberhasilan usaha debitur berdasarkan analisis SWOT dapat dinilai dari usaha debitur memaksimalkan faktor positif dan meminimalkan faktor negatif dengan cara mencari faktor-faktor penyebabnya dan disusun suatu action plan yang akan dilakukan untuk mengurangi ancaman, mengatasi kelemahan,  meningkatkan/mempertahankan kekuatan dan memaksimalkan peluang/kesempatan.

(ref. Panduan Lengkap Menjadi Account Officer by Noel Chabannel Tohir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar