Minggu, 09 September 2012

Cara Berkomunikasi Dengan Baik I

Jadilah pembicara yang baik !


Sebagian orang masih belum mengerti bagaimana cara berkomunikasi dengan baik, sehingga lawan bicara kita senang berbicara dengan kita dan senang berbicara dengan kita. Bagaimana cara melakukannya, mudah saja , ketika anda berbicara dengan orang, ambillah topik yang paling menarik bagi mereka untuk dibicarakan. Apa topik yang paling menarik bagi mereka di dunia ini?

DIRI MEREKA !

Ketika anda berbicara pada mereka tentang diri mereka, mereka akan sangat tertarik dan amat terpesona. Mereka akan berpikir hal baik tentang anda karena melakukan hal tersebut. Ketika anda berbicara dengan orang tentang diri mereka, anda mengusap mereka dengan cara yang benar, anda bekerja dengan kodrat manusia.
Singkirkan tiga kata ini dari kosakata anda :
"saya, aku, milikku"
gantilah tiga kata itu dengan satu kata, kata paling penuh daya yang diucapkan lidah manusia :
"anda"
misalnya,"ini untuk anda","anda akan beruntung jika Anda melakukan hal ini","ini akan menyenangkan keluarga Anda", dan sebagainya.
INTINYA, jika anda mengorbankan kepuasan yang dapat anda peroleh dari berbicara tentang diri anda sendiri, yang anda peroleh dari pemakaian kata "saya, aku , milikku", kecakapan kepribadian anda dan pengaruh serta kekuatan anda akan meningkat secara luarbiasa.
Tak dapat disangkal hal ini sulit dilakukan dan membutuhkan banyak latihan, tetapi imbalannya sangat sebanding.
Cara lain yang baik untuk memanfaatkan ketertarikan orang pada diri mereka sendiri dalam sebuah percakapan adalah memancing mereka untuk berbicara tentang diri mereka. Anda akan mendapati bahwa orang lebih cenderung membicarakan diri mereka daripada topik lain apa pun juga. Jika anda bisa mengarahkan orang untuk membicarakan diri mereka,mereka akan sangat menyukai anda. Ini dilakukan dengan mengajukan pertanyaan mengenai dirimereka seperti :
"Bagaimana keluarga anda?"
"Dimana putri anda tinggal setelah menikah nanti?"
"Sudah berapa lama anda bekerja di Perusahaan ini ?"
"Bagaimana perjalanan anda kemarin ke luar negeri?"
Jadi, jika berbicara pada orang lain, bicaralah tentang  mereka. Dan pancinglah mereka untuk bicara tentang diri mereka. Dengan cara itulah anda bisa menjadi seorang pembicara yang paling menarik!

(ref : Skill With People by Les Giblin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar