Rabu, 29 Agustus 2012

TIDUR DI TINDIH SETAN

Pernah merasa saat tidur seperti di tindih setan? sehingga seluruh anggota badan tidak dapat bergerak, bahkan untuk meminta tolong dengan teriakpun tidak bisa.


Saya pernah mengalaminya saat masih sekolah dulu, sejak SMP sampai selesai SMA. Awalnya saya menganggap itu semua dikarenakan adanya mahluk halus/setan yang senang dengan saya dan berusaha menindih saya disaat saya tidur. Hal ini berlangsung setiap hampir 6 bulan sekali, dan boleh saya bilang "ini sangat menjengkelkan ...". Bayangkan saja, ada 1 malam yang saya sangat ingat sekali, saat saya mengalaminya, saya dapat membuka mata saya, dapat melihat situasi di sekeliling kamar saya dan dapat mendengar suara televisi di ruang keluarga, tapi seluruh tubuh saya bahkan mulut saya tidak dapat saya gerakkan, saya berusaha berteriak minta tolong tapi tidak ada suara yang keluar dari mulut saya, ini membuat saya menangis dan akhirnya saya berusaha untuk memejamkan mata dan membaca ayat-ayat suci Al-Quran untuk menenangkan diri saya, sampai saya tertidur lagi.
Awalnya fenomena tersebut saya selalu hubungkan dengan fenomena mistis, tetapi beberapa bulan yang lalu saya mencari informasi tentang fenomena tersebut. Dan akhirnya saya menemukan beberapa penjelasan logis atas fenomena tersebut.
Keadaan ini dinamakan sleep paralysis, terjadi pada siapa aja. Usia rata-rata pertama kali mengalami gangguan tidur ini 14-17 thn, 2 thn skali, (walaupun aneh dimana saya mengalaminya hampir 6 bulan sekali).
Terjadinya sleep paralysis kebanyakan dipengaruhi oleh kondisi badan kita dan bukannya siapa “penunggu” dirumah atau di kamar kita.

Berikut penjelasannya :
Untuk diketahui, tidur terbagi dalam 4 tahap:
  1. ringan 
  2. lebih dalam. 
  3. tidur paling dalam dan 
  4. REM (Rapid Eye Movements). 
pada tahap ke-4 inilah mimpi terjadi. Dengan tanda bola mata bergerak cepat. Ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum (ketidaksinkronan), terjadilah sleep paralysis. Kita merasa sadar, tapi tubuh tak bisa bergerak. Disinilah kamu akan berteriak dan takut sekali sehingga menyebut-nyebut nama Allah, setelah itu bercerita ke tetangga dengan lebaynya, bilang,"saya di tindih setan". ( ini juga sering saya utarakan ke teman-teman saya saat itu).

Bagaimana ini bisa terjadi :
  1. Saat kondisi tubuh terlalu lelah, kurang tidur, jadwal tidur terganggu atau stres mengakibatkan tidak mengikuti tahapan tidur yg seharusnya.
  2. Umumnya terjadi pada orang yg tidur dlm posisi telentang (muka menghadap ke atas & hampir nyenyak / dlm keadaan hampir terjaga dari tidur).
  3. Kurang tidur pun tidak boleh dianggap remeh. Jika sudah menimbulkan sleep paralysis, kondisinya berarti sudah berat. Segera evaluasi dirimu.
  4. Sleep paralysis bisa juga pertanda narcolepsy (serangan tidur mendadak tanpa tanda-tanda mengantuk), sleep apnea , kecemasan, atau depresi
Bila kamu tidak ingin terulang terjadinya sleep paralysis, berikut 3 tips penting yang dapat kamu lakukan :
  1. tidurlah yang cukup dan teratur. 
  2. kurangi stress 
  3. berolahragalah teratur
  4. Terpenting dari semuanya, jika terlanjur mengalami ini, tidak perlu takut, karena ini hanya berlangsung sesaat dan akan segera berlalu, yang dapat kamu lakukan adalah berdoa dalam hati agar pikiran kamu menjadi tenang dan dapat melanjutkan tidur kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar